Pada saat menulis blog ini, saya kesal setengah mati, karena bener2 sudah niat mau mendokumentasikan Old Chang Kee dan Uncle Ice Cream, ternyata gak jadi…memang pada saat itu saya lagi moody berat, yah jadi kurang seruuu deh tampilannya,,,tapi gpp, the show must go on..

Selain Laksa Singapore, Chicken Rice, ataupun Chili Crab ( yang paling ingin saya coba, tapi gak dapet juga tempat yang halal ), jajanan yang wajib dicoba adalah Old Chang Kee dan juga Uncle Ice Cream. Sebenarnya yang tinggal di Jakarta, pasti udah gak asing dan sering nyobain, soalnya outletnya kan juga ada di Plaza Indonesia, Mall Kelapa gading dan Senayan City. Old Chang Kee sebenarnya adalah kios gorengan, semua yang ada digoreng, mulai dari olahan ayam, ikan, cumi, kepiting sampai udang.

Kalo saya amati, kayaknya orang paling banyak beli Curry’O…pastel besar, rasa kari didalamnya, ada telur, kentang dan ayam. Emang abis makan ini kenyang, kayak makan besar, jadi bisa dijadiin solusi untuk tetap makan hemat di Negara yang tak ada barang murah ini. Selain itu juga ada nugget ayam, ikan, kepiting, bakso ikan baik yang spicy maupun yang enggak, spring roll, sampai gyoza ( kayak pastel kecil, isinya sayur hijau tapi saya gak yakin apa dan ada sedikit udangnya ) yang jadi favorit tante saya…kalo saya sih lebih milih bakso ikan. Harganya mulai $1 – $ 1,5, dan semua dijamin halal karena ada sertifikat MUISnya. Biasanya saya beli makanan ini kalo sudah mau pulang ke hostel, mana tau tengah malam laper….dasar….

Selain Old Chang Kee, ada juga Uncle Ice Cream, karena yang jualnya uncle-uncle alias bapak-bapak. Tapi di payungnya tulisannya bukan uncle ice cream sih, Cuma King’s Ice Cream. Yang dijual disini adalah es krim potong yang petak-petak yang sering kita makan dulu pas jaman SD, dengan berbagai rasa, mulai dari choco chip, strawberry, vanilla, jagung, dll, bisa dimakan pakai roti atau wafer. Harganya $1 sepotong termasuk roti atau wafernya. Banyak banget dijumpai  di depan tempat duduk-duduk setelah mengubek-ngubek satu mall ke mall yang lain. Cocok banget dimakan pada saat cuaca singapura yang amat panas dan kelelahan sehabis berbelanja.

Uncle Ice cream banyak nongkrong di depan Takashimaya – Nge Ann City, Wisma Atria, dan di depan mall-mall besar sepanjang Orchard Shopping Belt. Patut dicoba!!…